Tujuan dan Profil Lulusan

TUJUAN PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN SEJARAH

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, relegius, berakhlak mulia, mandiri, memiliki wawasan kebangsaan secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul serta menjadi rujukan bidang pendidikan sejarah dan teknologi pembelajaran dalam bingkai kesadaran sejarah.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan pendidikan kesejarahan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif dan berwawasan kebangsaan.
  4. Menghasilkan kinerja institusi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN SEJARAH

  1. Pendidik Sejarah: Guru sejarah profesional yang memiliki kemampuan unggul dalam melaksanakan pembelajaran sejarah pada tingkat sekolah menengah untuk menunjang pembangunan karakter bangsa dalam rangka menguatkan semangat nasionalisme dan jatidiri bangsa.
  2. Peneliti Pemula: Peneliti pemula yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan sejarah untuk memecahkan masalah pembelajaran sejarah secara prosedural berdasarkan prinsip-prinsip metodologi penelitian pendidikan sejarah untuk menunjang pembangunan karakter bangsa dalam rangka menguatkan semangat nasionalisme dan jatidiri bangsa.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES) PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN SEJARAH

1. Capaian Pembelajaran untuk Profil Pendidik Sejarah

A. Sikap

  1. Pendidik sejarah profesional dilandasi sikap religius dan sikap sosial, pedagogik, serta profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah secara kreatif dan inovatif
  2. Pendidik sejarah profesional yang memiliki kesadaran sejarah yang ditunjukkan dalam menghargai warisan sejarah budaya, sejarah lokal, nasional, dan global sebagai sumber bahan ajar dengan dilandasi sikap kritis, analitis, reflektif, dan bertanggung-jawab dalam menyikapi perkembangan jaman.

B. Ketrampilan Khusus

  1. Mampu mengumpulkan berbagai sumber belajar berupa artefaktual, peninggalan, tekstual, dan lingkungan sejarah.
  2. Mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran, media, sumber pembelajaran, dalam perencanaan pembelajaran sejarah yang mendidik berdasarkan sumber-sumber belajar sejarah dalam berbagai macam bentuk.
  3. Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan pembelajaran sejarah yang berkualitas
  4. Mampu menganalisis permasalahan pembelajaran sejarah dan merumuskan alternatif pemecahannya sesuai dengan perkembangan jaman

C. Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis tentang sejarah sebagai ilmu.
  2. Menguasai konsep teoritis tentang karakteristik mata pelajaran sejarah di sekolah, untuk memahami landasan dan orientasi pembelajaran sejarah.
  3. Menguasi konsep teoritis pengetahuan tentang perkembangan sejarah Indonesia secara diakronis sebagai substansi bahan ajar/materi pembelajaran.
  4. Menguasai konsep pengetahuan teoritis tentang sejarah kawasan sejarah Indonesia secara diakronis sebagai substansi bahan ajar/materi pembelajaran
  5. Menguasai konsep pengetahuan teoritis tentang sejarah tematis secara diakronis sebagai substansi bahan ajar/materi pembelajaran

D. Ketrampilan Umum

  1. Mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan perkembangan situasi dan kondisi
  2. Mampu mengeksplorasi makna/nilai pendidikan dari subtansi atau materi yang dibahas
  3. Mampu memberikan penjelasan tentang sejarah berkaitan dengan problematika materi pembelajaran sejarah
  4. Mampu menulis sejarah sebagai bahan ajar baik secara mandiri maupun kolaboratif
  5. Dapat menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik
  6. Dapat menjalankan tugasnya untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi di tempatnya mengabdi.

2. Capaian Pembelajaran untuk Profil Peneliti Pemula

A. Sikap

  1. Sebagai ilmuwan, peneliti pemula memiliki sikap jujur, objektif, terbuka, bertanggung-jawab yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Melalui penelitian, selalu berpikir kritis, analitis dan reflektif terhadap profesinya sebagai pendidik sejarah untuk memperbaiki dan memajukan bidang sejarah.
  3. Melalukan penelitian yang berorientasi kepada kesadaran sejarah dan eksplorasi nilai-nilai kewirausahaan

B. Kemampuan khusus

  1. Mampu mengumpulkan berbagai data penelitian dari berbagai macam sumber data yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian
  2. Mampu menggunakan berbagai metode penelitian yang relevan terkait dengan permasalahan penelitian yang sedang dikaji.
  3. Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan temuan penelitian dalam bidang pendidikan sejarah
  4. Mampu menganalisis permasalahan penelitian pendidikan sejarah

C. Pengetahuan

  1. Mampu mengetahui konsep teoritis pengetahuan tentang prinsip dan prosedur ilmiah di bidang pendidikan sejarah.
  2. Mengetahui konsep dan teoritis pengetahuan tentang prosedur dan prinsip penelitian di bidang kajian historis, arkeologis, dan sosial budaya.
  3. Mampu mengetahui konsep teoritis dan pengetahuan tentang permasalahan pembelajaran di kelas.

D. Ketrampilan Umum

  1. Mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang prinsip dan prosedur penelitian ilmiah pendidikan sejarah
  2. Mampu memberikan kontribusi dan hasil penelitian pendidikan sejarah untuk memecahkan masalah baik untuk diri sendiri maupun pihak lain.
  3. Mampu melakukan refleksi secara kritis analitis terhadap penelitian yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu penelitian yang akan datang.
  4. Mampu menghasilkan karya tulis di bidang pendidikan sejarah berdasarkan hasil penelitian baik secara mandiri maupun kelompok.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI S1 ILMU SEJARAH

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang ilmu sejarah.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang ilmu sejarah.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu sejarah untuk mewujudkan kemandirian masyaraka
  4. Menghasilkan kinerja prodi ilmu sejarah yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI SI ILMU SEJARAH

  1. Peneliti: Sarjana sejarah yang berintegritas, mampu menganalisis dan merekonstruksi fakta sejarah secara kronologis berdasarkan kaidah keilmuan sejarah untuk memahami realitas kekinian dan kecenderungan masa depan.
  2. Praktisi: Sarjana sejarah yang berintegritas, mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan sejarah untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang jasa dan kewirausahaan (arsiparis, jurnalis/wartawan, pelestari cagar budaya, pamong budaya, penulis populer, wisata, pendidik, dan lain-lain).