PELATIHAN PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VIDEOSCRIBE DAN G-SCHOOL BAGI GURU SEJARAH SE-KABUPATEN MALANG

IMG_7302

Drs. Mashuri, M.Pd Selaku Ketua Pengabdian Masyarakat Memberikan Sambutan dan Membuka Pelatihan Pengabdian Kepada Masyarakat.

IMG_7284

Para Peserta Pelatihan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Videoscribe dan Ge-School

IMG_7342

Para Pemateri Workshop Drs. Mashuri, M.Hum., Aditya Nugroho Wididadi, M.Pd., Ulfatun Nafi’ah, M.Pd menyampaikan materi dan melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak bagi perkembangan proses pembelajaran sejarah. Guru sejarah dituntut untuk kreatif dan inovatif, termasuk menyusun media pembelajaran sejarah. Hal ini tidak lepas dari kondisi siswa yang merupakan generasi digital. Generasi digital tentu saja tidak puas dengan pembelajaran yang hanya didominasi oleh ceramah. Oleh karenanya guru harus mampu mengikuti perkembangan karakteristik siswa ini dengan mengembangkan berbagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Selama ini, masih jarang guru-guru sejarah menggunakan media pembelajaran berbasis IT, hanya peta, gambar, dan foto yang dikemas dalam power point yang sering digunakan oleh guru. Oleh karenanya para dosen Jurusan Sejarah FIS UM yang terdiri dari Drs. Mashuri, M.Hum., Aditya N. Widiadi, S.Pd., M.Pd, Ulfatun Nafiā€™ah, S.Pd., M.Pd., dan Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd. mengadakan pelatihan penyusunan media pembelajaran sejarah berbasis videoscribe dan ge-school untuk guru-guru yang tergabung dalam MGMP Sejarah Kabupaten Malang pada tanggal 13 April 2016 di SMAN 1 Turen, Jl. Mayjen Panjaitan No. 65 Sedayu, Turen, Malang. Pelatihan diikuti oleh 34 Guru dari Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri.

Videoscribe merupakan aplikasi pembuat animasi video yang menarik dan terbuka untuk dikembangkan. Sementara itu ge-school merupakan media sosial yang khusus didesain untuk kepentingan pendidikan. Ge-school memilki tampilan yang menyerupai facebook sehingga akan mudah digunakan baik oleh guru maupun siswa. Videoscribe maupun Ge-school merupakan aplikasi yang dapat membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk siswanya yang merupakan bagian dari generasi digital. Melalui kedua aplikasi ini pembelajaran yang dilakukan guru akan lebih menarik.

Para guru yang tergabung dalam MGMP Sejarah Kabupaten Malang sangat tertarik dengan pelatihan ini sehingga jumlah peserta melebihi target awal. Para peserta juga sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka menyimak dan mengikuti dengan serius langkah-langkah penyusunan media pembelajaran berbasis videoscribe maupun ge-school. Pada akhir sesi pelatihan, para guru sudah mampu menyusun produk media pembelajaran sejarah interaktif berbasis kedua platform tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*