Penyerahan hadiah pemenang lomba oleh Panitia

Serangkaian Seminar Nasional dan Call For Papper 2024 dilanjutkan dengan lomba artikel ilmiah nasional  diadakan oleh HMD Sejarah Um pada Selasa 7 Mei 2024 Pukul 08.00-12.30 di Aula Ki Hajar Dewantara FIS UM. Acara dihadiri 168 peserta, dengan 118 hadir secara langsung, sementara 50 orang hadir secara daring.

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang karya seni dan kearifan lokal yang ada pada masa (Kerajaan) Hindu Buddha di Indonesia kepada mahasiswa sejarah dan khalayak umum(peminat sejarah) serta memanggil artikel hasil penelitian pemakalah yang menulis mengenai Peninggalan Hindu Buddha di Indonesia.

Semnas dan Call For Papper dihadiri oleh 3 pemateri yaitu Pak Asisi Suhariyanto pendiri Asisi Channel , Dr Ismail Lutfi Lektor Kepala dosen sejarah um, Bpk Wicaksono Arkeovlog BPCB

Setelah Pemaparan materi juga diumumkan  3 artikel terbaik peringkat 1, 2 dan 3. Para pemenang lomba artikel selanjutnya mempresentasikan artikelnya. Judul artikel yang dipresentasikan, yaitu :

1.⁠ ⁠Muhammad Reza Satria: “Kajian Gaya Berbusana Masyarakat Jawa Kuno Pada Relief Candi Rimbi Abad 14 M.”

2.⁠ ⁠Ashar Murdihastomo: “Arca Garuda dan Pentirtaan: Sebuah Interpretasi Awal.”

3.⁠ ⁠Nur Elfianita Susanti: “Tinjauan Sejarah Kumpulan Artefak Museum Mpu Purwa yang Berasal dari Kelurahan Ketawanggede: Korelasinya dengan Situs Watu Gong Ketawanggede dan Prasasti Wurandungan.”

Setelah pemaparan karya oleh pemakalah acara ditutup dengan pemberian penghargaan oleh panitia dan foto bersama.

 

Tim Publikasi Departemen Sejarah FIS UM

Need Help? Chat with us