WORKSHOP KURIKULUM DAN INDEKSASI JURNAL BERBASIS OJS

Malang. Bulan Juni 2016 kegiatan Dosen dan Tenaga Kependidikan di Jurusan Sejarah diawali dengan mengikuti Workshop Kurikulum dan Indeksasi Jurnal berbasis OJS yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang pada tanggal 3-4 Juni di Hotel Orchid, Batu.

Kegiatan workshop kurikulum selama dua hari diisi dengan penelaahan kembali kesesuaian kurikulum Jurusan Sejarah dengan KKNI. Hal ini dilakukan sebagai usaha perbaikan secara berkelanjutan demi tercapainya visi, misi, dan tujuan Jurusan Sejarah. Pada kesempatan ini pula diputuskan untuk mulai menata kekhasan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang dengan mengarahkan karya ilmiah mahasiswa maupun dosen pada kajian wilayah selatan Pulau Jawa. Harapan kedepan bahwa Jurusan ini  memiliki ciri khas kajian selatan Pulau Jawa dalam berbagai bidang yang terkait. Kegiatan workshop kurikulum diakhiri dengan finalisasi Katalog Jurusan Sejarah 2016.

Selain workshop kurikulum juga dilakukan pelatihan indeksasi jurnal ditempat yang sama. Pelatihan jurnal berbasis OJS yang diselenggarakan selama dua hari tersebut merupakan rangkaian dari pelatihan-pelatihan yang diadakan sebelumnya sebagai persiapan agar mutu jurnal semakin baik. Selain itu pelatihan dilakukan untuk mempersiapkan  agar Jurnal Sejarah dan Budaya bisa mendapatkan akreditasi.  Akreditasi jurnal menjadi hal penting karena dengan tercapainya tujuan tersebut maka akan menjadi jembatan bagi munculnya artikel yang bereputasi. Hal inilah yang menjadi harapan besar  Jurnal Sejarah dan Budaya. Selain bertujuan untuk memperbaiki tampilan dan isi jurnal, pelatihan indeksasi ini memiliki tujuan utama agar jurnal Sejarah dan Budaya dapat terindeks oleh DOAJ dan lembaga-lembaga indeksasi jurnal lain yang terpercaya.

 

13346542_10204996190103326_9155693192760328792_n

Tim Pengembang Kurikulum Jurusan Sejarah Menyusun Katalog Jurusan Sejarah tahun 2016

jurnal 2

Tim Jurnal Sejarah dan Budaya Jurusan Sejarah dan Tim Jurnal yang Ada di FIS Bersama dengan Pemateri OJS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*