PERKEMBANGAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DI TUBAN TAHUN 1961-2013

“Putra, Dhiera Ciptama. 2015. Perkembangan Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Di Tuban Tahun 1961-2013. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M,A., Ph.D.

Kata Kunci: Perkembangan, Organisasi, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama

Organisasi kepemudaan adalah sarana untuk menyalurkan suatu bakat didalam bidang apapun. Organisasi-organisasi kepemudaan yang muncul di desa, kampus, sekolah dan tempat-tempat lain dimaksudkan untuk mencegah meningkatnya kenakalan remaja yang saat ini berkembang. Berbagai permasalahan yang muncul didalam generasi pemuda sangatlah menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu Nahdlatul Ulama membentuk organisasi kepemudaan untuk mewadahi para generasi-generasi muda dalam mengembangkan kreatifitas ataupun minat mereka dalam suatu bidang. Organisasi tersebut salah satunya adalah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama.
Penelitian ini mencari jawab atas masalah yaitu: Pertama bagaimana latar belakang berdirinya organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Kedua bagaimana perkembangan organisasi IPNU di Tuban tahun 1961-2013. Ketiga bagaimana peran organisasi IPNU Tuban dalam membina generasi muda.
Penelitian ini menggunakan metode historis atau metode sejarah. Di dalam metode sejarah ada empat langkah prosedur penulisan sejarah yaitu topik, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) IPNU mulai dibentuk pada 24 Februari 1954. (2) Pada tahun 1961 IPNU Tuban terbentuk, tahun 1961-1978 IPNU Tuban mulai membuka ruang untuk mengenalkan IPNU dan membuka anak cabang. Tahun 1978 -1984 mengalami kekosongan kepengurusan karena adanya keadaan politik yang tidak kondusif. Tahun 1984-2013 IPNU Tuban memulai kembali merebut eksistensi serta membangun citra organisasi. (3) Peran dalam bidang keagamaan adalah kuliah ahad dan shalat ied, bidang pendidikan, mengadakan program try out ujian nasional dan masuk perguruan tinggi negeri serta kepelatihan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Di bidang kesenian, IPNU mengadakan kegiatan yang berfungsi untuk mewadahi para kader dan pelajar-pelajar dalam bidang seni serta melestarikan kebudayaan lokal, yaitu Festival Tongklek. Peran sosial IPNU pada masyarakat umum terlihat ketika terjadi bencana alam banjir besar yang ada di daerah Plumpang dan Widang pada tahun 1990 dan 2010. Melalui Corp Brigade Pembangunan IPNU Tuban. IPNU Tuban juga mengembangkan kegiataan olahraga dengan membentuk klub bola volly.
Saran untuk IPNU Tuban selanjutnya. Diharapakan seluruh anggota Pimpinan Cabang IPNU Tuban terus meningkatkan kualitas kader agar selanjutnya dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Tuban. Disamping itu agar IPNU terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*